Langsung ke konten utama

Andai Al-qur’an di Perlakukan seperti Hp…


Pasti ada yang merasa heran, jika  membaca judul tulisan ini, perasaan betanya-tanya akan muncul dibenak, “mengapa Al-Qur’an mau disamakan seperti HP, kan keduanya berbeda??”. Kalau ada yang berpikiran seperti itu, maka lewat tulisan ini pula, saya akan meluruskannya, semoga kita semua terhindar dari kekeliruan, dan akan dituntun ke jalan yang benar.
Selasa pagi, 24 Maret 2015 pukul 06.00 WIT, merupakan pagi yang cerah di wilayah Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, deringan nada Join Hangout dari aplikasi BBM di Handphone Android Samsung Galaxy Chat GT B5330 milik anak rantau, yang saat ini sudah 6 bulan bekerja sebagai Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3), Program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI).
Nada pemberitahuan dari Hp tersebut,  mampu membuatku bergegas untuk bangkit dari tempat tidur, walaupun sedari tadi saya telah bangun, untuk menjalankan ibadah yang merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam. Namun, karena rasa lelah dan kantuk yang masih hinggap dalam diri, membuatku lebih memilih untuk kembali ke tempat tidur, daripada menyelipkan sejenak waktu, untuk membaca Al-Qur’an. Ya benar, Kitab Suci yang berisikan Firman Allah SWT, akan tetapi saya masih memperlakukannya sebagai pajangan dalam kamar Kos-kosan, sekedar simbol kalau penghuninya beragama Islam, dan membiarkannya berselimut debu. Hmm, Kitabullah yang sudah lama tidak pernah lagi ku baca.  
Setelah mengecek semua chat yang masuk di BBM, ternyata itu hanyalah pesan Broadcast yang biasanya disimbolkan dengan huruf BC, artinya adalah para pengguna Blackberry Messenger, mengirimkan pesan siaran ke beberapa teman. Biasanya BC berisikan pesan umum untuk menyebarkan nomor Pin kepada teman-teman lain, agar penggunaan aktivitas ber BBM-an  terasa lebih asik, seperti “Invite Arul cowok ganteng/atau Dita cewek cantik manis dan imut, ingin berkenalan dan mencari jodoh, invite pin 64AW5……..XXX”. Bukan hanya membagikan Pin,  melalui Broadcast, pesan yang disebarkan beraneka ragam, ada yang mengirimi tulisan narsis, alay bahkan ada yang bersifat mengancam. Nah kalau yang terakhir ini biasanya mereka menulis kalimat “kalau tidak disebarkan, maka anda akan menanggung dosa, dan ibadahmu tidak akan diterima selama 40 hari, atau anda akan mengalami kesialan, serta akan mengalami musibah, di dunia dan di Akhirat”. Jujur ya,, kalau membaca BC sejenis itu, saya malah tertawa, karena manusia sekarang sifatnya sudah seperti Tuhan, bisa menentukan takdir yang baik dan buruk, (bisa-bisa nanti, Tuhan sudah punya saingan dong..!!). Sebenarnya, untuk melakukan Dakwah tidak harus memberikan catatan berupa ancaman seperti itu, cukup dengan menyampaikan ajakan yang baik, setelah itu mengenai orang yang membacanya bisa berubah atau tidak, itu sudah menjadi urusan mereka kepada Allah SWT, kewajiban kita hanya sebatas menyampaikan. Maklum, saya menyampaikan seperti ini, karena latar belakang saya merupakan alumni dari Fakultas Dakwah di IAIN Datokarama Palu.            
Tapi, ada yang berbeda dengan isi pesan BC yang saya baca pada pagi itu. Isinya begitu menggugah hati, sampai-sampai mata saya yang tadinya redup seperti lampu 5 watt, kini berubah menjadi lampu pijar, seakan lebih antusias dalam membacanya. Satu demi satu kalimat didalamnya, ku baca dengan perlahan dan seksama, hingga ke ujung tulisannya, dan akhirnya kesimpulan yang kudapatkan adalah, selama ini kita semua lebih mengedepankan perhatian kita, kepada benda elektronik yang dapat memudahkan kita untuk bertukaran informasi pesan atau telpon, daripada mengedepankan Al-Qur’an sebagai pedoman kita sebagai umat Islam, yang nantitnya menjadi penolong kita di dunia dan di Akhirat nanti.   
Pesan BC yang disebarkan oleh salah satu teman saya, Isinya kurang lebih seperti ini;
“Pernahkah kamu berpikir, andai kita memperlakukan Al-Qur’an seperti halnya HP kita saat ini?, lihat, kita selalu membawa Hp kemanapun kita pergi, disimpan dalam tas maupun dalam saku. Kita akan merasa bersalah, jika terburu-buru dalam perjalanan, kita mulai teringat bahwa HP tertinggal di rumah, dan pasti akan merelakan waktu kembali ke rumah, untuk mengambilnya. Tapi, Al-Qur’an tidak menjadi barang bawaan kemanapun kita bepergian, dan sering kali kita akan cuek, kalau Al-Qur’an ketinggalan di rumah.   
Kita selalu membawa Hp, dan sudah tidak terhitung lagi, berapa kalikah dalam sehari, anda membukanya, baik sekedar membaca pesan, mengecek pemberitahuan status di Facebook jika ada yang memberikan komentar atau hanya sekedar like, atau berbagi foto narsis di BBM maupun Instagram, serta sekedar Share, obrolan, candaan dan gossip di Twitter,  Path, Line, dsb. Tapi, pernahkan dalam sehari saja kita meluangkan waktu, untuk membaca Al-Qur’an,,??, atau sekedar menyimak kandungan dari salah satu ayat-ayatnya?
Dalam kehidupan sehari-hari, HP menjadi sahabat karib kita, tapi apakah Al-Qur’an telah menjadi sahabat atau pajangan..??, kita selalu memperlakukan HP, seolah-olah kita tidak bisa hidup tanpanya, karena begitu pentinganya sebuah Hp,  tentu yang dibaca sebelum tidur adalah obrolan sosial media didalamnya, bahkan bangun tidur pun, secara spontan kita langsung mencari Hp, sekedar melihat aktivitas dari teman-teman lain atau mengecek pesan masuk walaupun sekedar mengucapkan, selamat pagi.   
Kalau peran Hp saja membuat kita merasa tidak bisa hidup tanpanya, maka sudah seharusnya  lagi, kita tidak bisa hidup tanpa Al-Qur’an!!!, sudah saatnya kita menjadikannya sebagai prioritas, menjadi hadiah terindah yang kita berikan kepada anak-anak, atau menjadikannya sebagai kebutuhan hidup, seperti contoh status berikut, “Qur’an Is My Best Friend”,
Mungkin,  hanya ada 7% yang akan menyebarkan pesan ini, maka jadilah salah satu dari mereka dan menyebarkan pesan ini. Janganlah menjadi bagian dari 93% yang enggan menyebarkan pesan ini,, mari kita mengajak agar orang-orang membaca Al-Qur’an, karena terbukti dalam penelitian, bahwa Al-Qur’an mengurangi menyebabnya sel kanker ditubuh manusia bahkan menghancurkannya. Sering bersujud semakin menguatkan ingatan dan mencegah strok.
Setan pasti berkata: “aku heran, bagaiamana bisa manusia mengatakan mereka adalah ciptaan Allah, tapi mengabaikan perintahnya, dan mengklaim benci kepadaku?, tapi kenyataanya mereka lebih patuh kepada rayuanku”.  


Begitulah isi pesan BC nya, walaupun kepanjangan namun membuat saya semakin tertarik untuk membacanya, hingga pada kalimat terakhir. Isi pesannya telah menyadarkan saya, bahwa memang dalam hidup sehari-hari, hendaknya kita menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama. Tidak ada salahnya pula, kita menjadikan Hp sebagai kebutuhan hidup, Karena memang dizaman yang serba modern ini, Hp menjadi alat untuk mengakses informasi di internet dan sosial media, informasi  menjadi konsumsi yang tidak bisa ditinggalkan oleh manusia, seperti sebuah istilah “Tidak dapat informasi atau  kekurangan informasi pada hari ini, maka hari ini kamu dilewati selangkah oleh sainganmu”. Akan tetapi, perhatian kita kepada HP, sebaiknya janganlah sampai mengalahkan perhatian kita dari membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vektor Bayi

sudah lucu,, tentunya makin menggemaskan lagi dibuat dengan gambar kartunnya,,, so, Bayi saja sudah berposting keren bersama kami,,,bagaimana dengan anda,,,???

Cara Orderan Vektor Wajah bersama kami

Mohammad Iqbal, S.Kom.I bersama Istri Nur Ramadhani, S.KM Vektor Wajah dalam bentuk kartun, dapat anda gunakan sebagai identitas pajangan dalam rumah, dapat pula sebagai kenang-kenangan anda bersama keluarga, berbagi momen indah dan spesial sebagai hadiah pernikahan, kado ulang tahun, ceremony graduation (Wisuda), dsb. anda pasti tertarik ya...?? kemudian, anda pasti bingung mencari jasa layanan yang tepat untuk mengkreasikan minat anda kan...??? namun, tidak perlu risau karena kami telah hadir secara online melalui www.nagayakreasi.blogspot.com di blog kami telah memposting berbagai contoh vektor wajah dari servis orderan kami sebelumnya, apa yang anda harus lakukan bila berminat, cukup hubungi kami di HP           : 081241265846 (termasuk WA/LINE) FB           : Nagaya Kreasi PIN BBM : D132DF80 Email      :  iqbal.laguna@gmail.com dengan persyaratan sebagai berikut: File Foto berkualitas tinggi/ tidak beresolusi rendah, agar tidak pecah dan memud

Edisi Virgo 1 September

Cinta datang dengan pengorbanan yang akan memberikan petunjuk siapa diri kita yang sebenarnya Wanita adalah buah karya terindah Sang Pencipta maka perlakukanlah mereka dengan penuh kelembutan, keimanan, dan cinta Kecantikan bukanlah untuk dipertontonkan karena ia adalah hadiah yang harus dijaga, harta yang harus di investasikan, dan jiwa yang harus ditanam untuk seorang yang akan menjadi cinta sejati kita Cinta begitu lembut dan merdu, namun jangan kau gunankan untuk merayu. Karena rayuan hanyalah akan mengosongkan makna kecintaan yang sesungguhnya Perlakukanlah wanita dengan lemah lembut. Karena besar dan hancurnya bangsa akan diperankan oleh wanita