Langsung ke konten utama

Pergerakan Santoso, Murni Perjuangan Akidah atau?

Analisis gerakan Radikalisme di Indonesia
Berita mengenai tewasnya Santoso alias Abu Wardah, selaku pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), sudah banyak diterbitkan oleh media local maupun asing, setelah terjadi pertempuran senjata dengan Satuan Tugas (SATGAS) Tinombala, di belantara pegunungan Tambarana di Desa Kilo, kabupaten Poso, senin 18 September 2016.
Sesudah kematiannya, banyak kalangan muslim yang memberikan tanggapan belasungkawa yang berbalut dukungan terhadap gerakan mereka, maupun menorehkan pandangan kontra terhadap perjuangan melawan pemerintah yang dilakukan oleh kelompok radikal tersebut. 
Namun, banyak pula yang memberikan aroma simpatik kepada Santoso, karena keberaniannya menkritik keadilah yang tidak kunjung seimbang dari Pemerintah, sehingga kurang dirasakan oleh masyarakat Muslim Poso, pasca Konflik pada bulan Mei tahun 200 silam.
Sebagai seorang Muslim, saya mengajak kepada netizen semua, mari mendo’akan yang terbaik, agar almarhum mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT, amin.
Setelah itu, saya mengajak kepada para pembaca, mari kesampingkan kacamata rasa prihatin, iba dan kasihan kita, dalam melihat gerakan radikalisme di Indonesia, agar kita semua tidak kaku dan terjebak dalam hegemoni Jihad yang digelantarkan oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur, agar mindset kita lebih objektif melihat gerakan tersebut.
Gerakan santoso lahir dari konflik agama di Poso pada pertengahan tahun 2000, ya  sangat jelas dendam dan memperjuangkan hak hidup, telah mengakar dari kejadian ini. di sini saya melihat, perjuangan mereka masih murni perjuangan Islam. Namun, sejauh ini saya menganggap perjuangan mereka tidak murni lagi, bila melihat gerakan mrka dari berbagai kacamata sudut pandang, agar penalaran kita lebih objektif, seprti kacamata politik, apakah ini murni perjuangan Islam, atau dakwah Islam hanya sebagai tameng untuk meloloskan kepentingan kelompok tertentu,
Adapun pertanyaan hipotesa kami, yakni darimana dana mrka dapati untuk membiayai gerakan tersebut, bagaimana masyarakat sipil seperti mereka, dapat memproleh senjata berkelas berat, termasuk tipe M16 yang bisa menghancurkan tank dan helikopter, kemudian disetiap jedahnya mereka merekam aktivitas dengan kamera, maka oknum mana yan g mendanai itu, apakaah partai politik, perusahaan atau korporasi dbalik itu semua?, sehingga kita bisa mengetahui akar terorisme di Indonesia.
Bila berkomentar lebih jauh, Santoso Cs dalam video unggahannya di Youtube, sudah menyatakan diri bergabung dengan Islamic State Iraq and Syria, Nah apakah tujuan dari gerakan ISIS ?, yakni merubah haluan Negara-negara  lain,, menjadi Ideologi Islam. Termasuk Indonesia yang masih menganut sistem Demokrasi Pancasila, yang mempunyai penduduk majemuk, keragaman Suku, Agama, Ras dan Budaya (SARA) dalam balutan bingkai toleransi yang telah dijunjung tinggi oleh Founding Father kita terdahulu.
  sementara kami, Warga Alkhairaat (Lembaga Pendidikan dan Dakwah Islam terbesar di Indonesia Timur) serta kader Nahdhatul Ulama (NU), dimana pendahulu kita, memperjuangakn kemerdekaan Indonesia dengan darah dan air mata, ulama kita menyatakan Ideologi Pancasila itu sudah final dan tidak bertentngan dengan Islam, dan mencakup toleransi beragama di Indonesia setelah dirumuskan pada sidang  BPUPKI tahun 1945 silam,,,
nah sementara itu, orang Islam yang tidak sependapat dengan mereka (ISIS), dengan mudahnya dikategorikan kafir dan musuh, serta layak untuk di bunuh? Padahal kita sesama muslim, hal ini tidak sprti perjuangan Rasul dan sahabatnya dulu, pada 14 abad silam.
Olehnya kita perlu berpikir panjang, apakah ini murni perjuangan tauhid atau sudah ditunggungi kepentingan politik.  Selain itu, siapakah yang layak di katakan Syuhada, TNI dan POlRI yang gugur setelah membela bangsa dan tanah air, mengorbankan jiwa dan raga padahal mereka juga, beragama Islam loh... dan saya sepakat merekalah yang layak dikatakan Syuhada.
 Sadar atau tidak, gerakan ISIS bersama Ormas pengusung Ide Khilafah lainnya, yang sudah masuk di Indonesia, telah membuat toleransi beragama di Negara ini mulai rusak, terjadi pengeboman di Masjid, kenapa? karena kita sendri yang mencontohkan, padahal Islam itu Rahmatan lil Alamin, penuh kasih sayang, nah apakah menciptakan teror termasuk jalan yang diridhai Allah? Wallahu a’lam.
No Justifikasi !, akhir tulisan ini menegaskan kepada kita semua, agar tidak mengambil kesimpulan yang berat sebelah. Biarkan hanya Allah yang menilai, Alm Santoso bersama pengikutnya yang terlebih dahulu gugur, mendapatkan tempat disisin-NYA, namun batasan kita selaku manusia, hanya memanjatkan do’a dan melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk agama dan Negara.
Dalam akhir surah An-Nahl ayat 125, Allah SWT berfirman, artinya:
Sesungguhnya hanya Allah yang mengetahui siapa saja yang tersesat di Jalanya, dan Dia pula lah yang mengetahui siapa yang diberikan petunjuk.
Semoga kita semua termasuk hamba yang selalu diberikan petunjuk. Amiinn yaa Rabbal aalamiin. . . .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vektor Bayi

sudah lucu,, tentunya makin menggemaskan lagi dibuat dengan gambar kartunnya,,, so, Bayi saja sudah berposting keren bersama kami,,,bagaimana dengan anda,,,???

Cara Orderan Vektor Wajah bersama kami

Mohammad Iqbal, S.Kom.I bersama Istri Nur Ramadhani, S.KM Vektor Wajah dalam bentuk kartun, dapat anda gunakan sebagai identitas pajangan dalam rumah, dapat pula sebagai kenang-kenangan anda bersama keluarga, berbagi momen indah dan spesial sebagai hadiah pernikahan, kado ulang tahun, ceremony graduation (Wisuda), dsb. anda pasti tertarik ya...?? kemudian, anda pasti bingung mencari jasa layanan yang tepat untuk mengkreasikan minat anda kan...??? namun, tidak perlu risau karena kami telah hadir secara online melalui www.nagayakreasi.blogspot.com di blog kami telah memposting berbagai contoh vektor wajah dari servis orderan kami sebelumnya, apa yang anda harus lakukan bila berminat, cukup hubungi kami di HP           : 081241265846 (termasuk WA/LINE) FB           : Nagaya Kreasi PIN BBM : D132DF80 Email      :  iqbal.laguna@gmail.com dengan persyaratan sebagai berikut: File Foto berkualitas tinggi/ tidak beresolusi rendah, agar tidak pecah dan memud

Edisi Virgo 1 September

Cinta datang dengan pengorbanan yang akan memberikan petunjuk siapa diri kita yang sebenarnya Wanita adalah buah karya terindah Sang Pencipta maka perlakukanlah mereka dengan penuh kelembutan, keimanan, dan cinta Kecantikan bukanlah untuk dipertontonkan karena ia adalah hadiah yang harus dijaga, harta yang harus di investasikan, dan jiwa yang harus ditanam untuk seorang yang akan menjadi cinta sejati kita Cinta begitu lembut dan merdu, namun jangan kau gunankan untuk merayu. Karena rayuan hanyalah akan mengosongkan makna kecintaan yang sesungguhnya Perlakukanlah wanita dengan lemah lembut. Karena besar dan hancurnya bangsa akan diperankan oleh wanita